Kamis, 11 Februari 2010

'biarkan semua pada jalurnya mereka berjalan...salahsatu diambil...cosmos akan berubah menjadi chaos..."

tulisan ini merupakan refleksi yang aku dapatkan ketika aku dihantui oleh beberapa ketakutan. Kehadiran Delby kecil membawa aku untuk mengalami refleksi dalam yang aku tuliskan di sini. Aku takut kehilangan semua teman-temanku....aku takut aku kehilangan semua masaku....aku takut kehilangan semua hidupku...

Aku sadar bahwa semua sudah digariskan oleh Tuhan. Aku memiliki Delby kecil pun itu adalah suatu lukisan Tuhan dalam hidupku. Ketika aku menyadari bahwa semua telah digariskan oleh Tuhan, itu berarti aku menyadari cosmos di dunia ini. Ibarat tata surya yang ada sekarang, semua ada lintasan untuk bergerak masing-masing. Begitu pula dengan kehidupan di dunia ini. Si mak dengan Adhi, Aku dengan Debby dan teman-temanku yang lain seperti Wini, Ina, Ika, Pu2t, Ngatini dan juga teman2 kontrakan dan teman2 lain semuanya itu adalah cosmos. Jika aku takut kehilangan mereka, aku akan cenderung untuk mengambil mereka dari lintasan mereka masing-masing. Awalnya memang baik...tetapi tanpa sadar chaos terjadi di tempat lain yang dulunya menjadi lintasan dari orang itu dan pada akhirnya menyerang ke kita sendiri.

Ibarat bumi yang mengambil planet lain dari lintasannya...awalnya memang mereka bisa hidup secara berdampingan. Namun, setiap planet pada hakikatnya berbeda. Salahsatu akan berputar mandahului yang lain hingga akhirnya mereka bertabrakan dan terjadi chaos.

Sifat dasar manusia adalah keinginan untuk memiliki. Ketika manusia tidak ingin berjalan sendiri menurut lintasannya, maka ia akan mencari manusia lain untuk menemaninya tanpa melihat dan memperdulikan lintasan yang ada di manusia itu.

Aku sadar bahwa semua adalah cosmos. Teman-teman dan dunia memiliki lintasan sendiri-sendiri untuk berputar dan berkarya. Meski kemudian waktu kita semua terpisah karena akan ada yang berputar terlebih dahulu, pasti satu waktu mereka akan bertemu di satu titik lagi. Lintasan telah diciptakan Tuhan untuk mempertemukan setiap orang pada saat yang tepat, lebih indah dan lebih berwarna. Waktu itulah yang membuat hidup ini indah...kesendirian melalui lintasan hanya untuk mempersiapkan kita melihat teman-teman kita dengan hati yang benar-benar rindu akan mereka........

6 komentar:

  1. hmm...
    wajar bila rasa takut itu datang
    tapi buatku teman ibarat sebuah bintang
    tak selamanya kita dapat menemukan mereka
    tapi dunia tak selamanya siang, selalu akan ada malam yang datang
    dan tak ayal kita kan menemukan mereka di hamparan langit malam

    be brave, be tough!
    kami akan selalu di tempat kami,di lintasan kami dan terus mendukungmu :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Adel : thanks banget na....
    yups bener...hanya pada saat tertentu kita bisa melihat teman-teman kita bersinar terang....dan itu adalah saat indah...

    BalasHapus
  4. teman sejati adalah ada disaat kita merasa senang dan yang paling penting saat kita butuh dukungan dari mereka..itulah teman yang sesungguhnya...aku sayang kalian semua...

    BalasHapus